Rabu, 19 Maret 2014

Profil

“Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka (IKTL) Hadir Sebagai Solusi untuk Negeri dalam Ranah Edukasi” merupakan rumusan yang lahir dari lubuk terdalam sebagai hakekat dari institusi ini. Itulah daya juang yang mendesak dan membakar nurani setiap anggota sivitas akademika dalam memaknai semangat ini.
Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka bertekad untuk membangun proses pembelajaran dan pendidikan yang bermutu sehingga lulusan yang dihasilkan memiliki keunggulan komparatif. Hal yang dapat dilihat sebagai kelebihan adalah keunggulan dan karakteristik yang akan dimiliki karena Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka bertekad membangun proses pembelajaran dan pendidikan bermutu untuk memperoleh lulusan dengan keunggulan yang komparatif.

IKTL tampil sebagai wadah pendidikan bagi calon pendidik dan calon teknokrat yang memiliki martabat, mempunyai karakter keguruan yang kokoh, dan jiwa teknokrat yang berdaya juang tinggi. Diciptakan pula iklim akademik dan iklim pendidikan yang lebih spesifik dan situasi kondusif yang menunjang perkembangan dan pertumbuhan calon guru sebagai pribadi yang utuh dan memiliki karakter keguruan dan teknologi yang bernilai diri lebih agar nantinya menjadi panutan peserta didik dan lingkungan sosialnya menjadi program yang paling penting dan strategis, sekaligus menjadi  arah pengembangan semangat akademik bagi calon guru. Upaya ini tetap bermula dari kekuatan dan kelebihan para dosen sebagai pengelola proses pendidikan calon guru dan teknokrat.
Kampus IKTL strategis karena letaknya agak jauh dari jalan umum sehingga ketenangan dan kenyamanan terjamin. Selain itu mudah dijangkau mahasiswa di pulau Flores, Alor dan Lembata. Kampus IKTL juga mudah dijangkau oleh dosen-dosen terbang sebab jarak dari bandara hanya 12 KM dan ditempuh dalam waktu 15 menit.
Sebagai kampus yang masih baru, IKTL sedang dalam taraf membangun dan menata baik secara fisik maupun akademik. Segala pengelolaan keuangan dan sarana prasarana diatur oleh Yayasan secara transparan dan akuntabil. Fasilitas utama yang dipunyai adalah gedung kampus tiga unit dengan perabot kuliah berupa, kursi berlengan, Laptop dan LCD. Fasilitas lain berupa jaringan elektronik, lab komputer, laboratorium dan perpustakaan. Gedung yang baru sedang dibuka.
Akomodasi untuk dosen terbang, disediakan dua unit rumah milik Yayasan. Sedangkan akomodasi berupa asrama putra dan putri disediakan oleh Yayasan dan masyarakat dalam kerjasama dengan Yayasan untuk pendampingan mahasiawa dalam aspek akademis, kerohanian dan kepribadian. 
Biaya hidup minimum mahasiswa per bulan termasuk biaya tempat tinggal, transportasi, makanan, buku dan pakaian sebesar Rp 750.000.-
Mahasiswa IKTL adalah masyarakat sederhana maka mereka ke kampus menggunakan transportasi angkot dan sepeda motor.
Budaya kampus yang dimiliki dicirikan dengan warna kekeluargaan yang tinggi, ciri khas kebudayaan Flores Timur. IKTL memiliki Sanggar Budaya. Mahasiswa dilatih dan berpentas Tiater Rakyat, juga tari-tarian daerah dan tarian kreasi baru. Tarian-tarian ini dibawakan pada kesempatan menerima tamu dan acara resmi lain. KTL memiliki tarian Institut dengan sebutan Tari Guru Ilahi. Tarian ini dipentas pada hari-hari khusus IKTL.
Prestasi PTS belum dapat diukur karena IKTL belum menghasilkan lulusan. Namun dengan tekad dan strategi yang dibangun, boleh diyakini bahwa lulusan yang akan dihasilkan itu bermutu dan akan terserap.
Untuk mengatasi kekurangan tenaga dosen berkualifikasi, IKTL membangun kerja sama dengan Perguruan Tinggi lain, mengadakan MoU untuk bantuan tenaga dosen dan dengan lembaga-lembaga pengolah hasil perikanan milik pegusaha-pengusaha Indonesia maupun perusahaan Jepang dan Amerika yang beroperasi di Flores Timur.

3 komentar:

  1. Mohon informasi nomor telepon yang bisa dihubungi...

    BalasHapus
  2. Selamat malam admin maaf menganggu, posisi sya masih di luar flores. Saya butuh email dari iktl yang masih aktif soalnya saya mau kirim surat lamaran pekerjaan. Atas perhatian mohon agar bisa merespon komentar saya. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Bisa minta nomor pegawai jurusan bahasa Inggris kh?

    BalasHapus